Tuesday, January 5, 2010

Buah Pepaya



Buah pepaya adalah buah dari tanaman Carica Papaya, termasuk dalam genus Carica. Buah pepaya berasal dari daerah Amerika yang beriklim tropis, kemudian dibudidayakan di Mexico beberapa abad sebelum kemunculan kebudayaan klasik Mesoamerican. Pepaya biasanya disebut “paw paw” atau “big melon” (melon besar). Akan tetapi paw paw yang berasal dari Amerika Utara merupakan spesies yang berbeda, yang termasuk dalam genus Asimina.

Tanaman pepaya berbentuk seperti pohon yang besar, tumbuh dengan batang tunggal, tinggi tumbuhnya berkisar antara 5 - 10 meter, dengan daun yang tersusun spiral menutupi ujung pohon. Batang yang lebih rendah merupakan tempat tumbuhnya daun dan buah yang terlihat sangat jelas. Daun pepaya berukuran lebar, berdiameter antara 50 - 70 cm.

Biasanya pohon pepaya tidak bercabang. Bunga pepaya bentuknya mirip dengan bentuk bunga dari Plumeria, tetapi lebih kecil dan berbentuk seperti lilin. Bunga pepaya kelihatan di atas daun. Buah pepaya disebut matang jika terasa lembut (seperti apokat matang atau sedikit lebih lembut lagi), dan kulit nya telah berwarna kekuning-kuningan. rasa buahnya agak samar-samar mirip nanas dan buah persik, dengan agak sejuk dan tanpa rasa rasa pahit.

Bumi Ganesa akan mulai menjual pepaya jenis kalifornia pada awal bulan Februari 2010.

No comments:

Post a Comment